Strategic Alignment antara Bisnis dan Teknologi Informasi Menggunakan Knowledge-Based Theory of The Firm: Sebuah Kajian Teori
Abstract
Kebutuhan keterlibatan manajemen puncak dalam eksploitasi teknologi informasi (TI) merupakan tema yang sering dibahas dalam manajemen informasi. Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa keterlibatan ini saling berkaitan dalam hubungan dua arah antara CEO dan CIO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kriteria yang harus dilakukan bagi perusahaan untuk menciptakan hubungan yang efektif dan efisien seperti antara CEO dan CIO. Dengan rujukan knowledge-based theory of the firm, penelitian ini menganalisis masalah yang sering timbul di antara kedua pihak. Penelitian ini akan menggambarkan model yang berasal dari penelitian sebelumnya yang bisa memberikan alternatif solusi bagi masalah hubungan CEO dan CIO dan menyelaraskan hubungan strategis antara manajer bisnis dan manajer teknologi informasi.
The need of top management involvement in the exploitation of information technology (IT) is a recurring theme of information management. Previous research has suggested that this involvement is linked, with a two-way relationship between CEO and CIO. The aim of this research is to provide a clear picture of the criterias that has to be done for the company to create such an effective and efficient relationship among CEO and CIO. With a referrence of knowledge-based theory of the firm, this research analyze problems that often arise among those two parties. This research would describe model that is derived from previous researches that could provide solution alternatives for CEO and CIO relationship problems and harmonize strategic alignment between business manager and information technology manager.Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.