Kualitas Makanan dan Pelayanan Berdasarkan Persepsi Kepuasan Pelangga di Restoran Kangen Boutique Hotel Yogyakarta Food Quality And Service Based On Customer Satisfaction Perceptions at The Kangen Boutique Hotel Restaurant
Abstract
Topik yang diteliti penulis adalah kualitas makanan dan kualitas pelayanan yang berjudul, “ Kualitas Makanan Dan Pelayanan Berdasarkan Persepsi Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kangen Boutique Hotel “. Dimana tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan dan pelayanan di restoran Kangen Boutique Hotel Yogyakarta. Indikator yang digunakan adalah kualitas makanan yang meliputi sensory factory dan hidden factory, serta kualitas pelayanan meliputi reliability, responsivenese, assurance, empathy, dan tangible. Jenis penelitian dengan deskriptif kualitatif, dimana pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuisioner. Menentukan sampel dengan rumus Slovin sebanyak 88 responden. Teknik analisis data dipaparkan dalam bentuk teks naratif dan tabel. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa dari 88 responden pelanggan didominan oleh pelanggan perempuan sebanyak 61%, umur 41-55 sebanyak 30%, dan wiraswasta sebanyak 35%. Sebanyak 43 pelanggan dari 88 responden sangat puas dengan kualitas makanan dan 52 pelanggan sangat puas dengan kualitas pelayanan di restoran Kangen Boutique Hotel Yogyakarta. Saran untuk bagian food and beverage product, dalam mengolah bahan masakan diharapkan lebih teliti lagi, dikarenakan makanan yang akan disajikan kepada tamu harus bersih dan nikmat.
Keywords
Kangen Boutique Hotel, Restaurant, Food Quality, Service Quality
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.